Categories
OBROLAN BUKU

MUB Reborn

TAHUN 2012 PERTAMA kali buku Membaca untuk Bojonegoro (MUB) ini terbit dan sampai ke tangan pembaca. Sampulnya berupa gambar langgar tua dan anak-anak kecil. MUB berusaha hadir untuk mengobarkan semangat membaca untuk masyarakat Bojonegoro.

Buku MUB bukan berisi hasil riset atau hasil survei, melainkan buah pikiran penulis yang berusaha untuk ikut berbagi semangat literasi di daerah yang terlanjur dikenal sebagai daerah banjir dan penghasil migas. Apakah sekarang minat masyarakat Bojonegoro untuk membaca sangat tinggi?

Mari kita coba menggunakan pengamatan masing-masing untuk menjawabnya. Jawaban bisa ya bisa tidak, tergantung darimana memandang. Akan tetapi, yang terpenting adalah kesamaan persepsi bahwa kampanye membaca tidak akan ada kata berhenti. Kampanye membaca harus terus didengungkan di tengah masyarakat untuk meyakinkan bahwa membaca penting untuk kehidupan.

Oleh karena itu, kami memandang perlu untuk menerbitkan buku ini kembali sekarang. Mungkin sebagian data sudah tidak relevan untuk masa kini, namun semangat kampanye membaca yang ada di dalam MUB yang lebih ingin ditonjolkan. Beberapa tulisan dalam buku cetakan pertama sengaja diturunkan dan diganti dengan tulisan baru. Hal itu semata-mata dengan tujuan adanya kebaruan dalam buku cetakan 2019 ini. Kami mengucapkan terimakasih kepada pembaca yang budiman karena sudah berkenan membaca buku ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *